Advertisement

Genius GX Gaming DeathTaker, binasakan lawanmu

Posted 17 July 2013 by View : 215

Rating

Harga
4.0


Performa / Quality
3.5


Kelengkapan
3.5


Total Score
3.7

3.7/ 10

 
 
 
 

Genius, sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 1983 di Taiwan, yang berkecimpung dalam bisni peripheral komputer, tampaknya tidak main-main untuk mulai berkecimpung dalam memproduksi gaming devices berkualitas. Tebukti dari jajaran produk GX Gaming, divisi khusus gaming devices dari Genius.

Lazada Indonesia

Pada review sebelumnya, kami telah menghadirkan Genius GX Gila yang memiliki performa dan perbandingan harga yang sangat baik, pada kesempatan ini lab Indo Review kembali kedatangan varian gaming mouse lainnya dari Genius GX Gaming, yaitu DeathTaker. Mouse ini seperti halnya Gila, ditujukan untuk anda para penggemar game RTS ataupun MMO. Perbedaan mendasar antara Gila dan DeathTaker terletak pada tingkat DPI nya, jika Gila dipersenjatai dengan DPI yang sangat tinggi hingga 8200DPI, maka DeathTaker hanya memiliki DPI hingga 5700DPI.

DeathTaker hadir dengan penawaran harga yang lebih moderat jika dibandingkan dengan Gila, sehingga sangat cocok untuk para gamers kelas menengah yang menginginkan suatu produk yang baik namun dengan harga yang bersahabat. Bagaimanakah desain dan performa dari mouse ini, apakah akan mematikan sesuai dengan namanya? akan kami sampaikan untuk anda pada kesempatan review kali ini.

Spesifikasi

  • Light System Scroll wheel/Logo
  • Macro 5
  • Metal 4,5Gx6
  • Buttons 9 (left, right, Middle button with Scrool, last/Next page/X dpi/Y DPI/DPI Level/Macro)
  • Port Full Speed USB
  • Target Game Category MMORPG/RTS
  • Resolution (DPI) 100-5700 DPI Adjusment
  • RGB Colors Up to 160K RGB Colors
  • UI Yes
  • Laser Sensor Yes

Info :

  • Distributor : LogiData
  • Harga       : Rp. 470.000,00
  • Garansi    : 1 Tahun
  • Website    : www.geniusnet.com

Kemasan dan Kelengkapan

Kemasan DeathTaker hadir dengan tema hi-tech dengan perpaduan yang menarik antara penggunaan warna hitam, silver dan mesh hole layaknya pada lubang ventilasi casing. Pada bagian depan boleh dibilang terkesan simpel, Genius hanya menampilkan gambar produk pada bagian tengah kemasan dengan notifikasi full RGB color adjustment. Bagian bawah terdapat informasi mengenai spesialisasi untuk DeathTaker, yaitu untuk game bergenre MMORPG dan RTS. Sementara pada saat anda membuka kemasan ini maka terdapat keterangan singkat mengenai software yang diberikan sebagai paket kelengkapan produk ini, software yang digunakan dapat memaksimalkan fungsi dan kinerja dari DeathTaker.

IMG_4719

IMG_4722

Bagian belakang kemasan berisi penjelasan mengenai spesifikasi yang dimiliki oleh DeathTaker beserta 7 buah gambar highlight yang menjelaskan spesifikasi yang terdapat pada mouse ini. Pada bagian bawah kemasan terdapat keterangan mengenai system requirement dan kelengkapan yang diberikan. Kemasan dari DeathTaker terlihat sangat atraktif, karena memang mouse ini merupakan mouse gaming yang biasanya memiliki kemasan yang cukup menarik dan menggoda para gamer.

IMG_4721

Kelengkapan yang diberikan terdiri dari : buku manual, CD Driver, dan 6 buah pemberat dengan masing-masing pemberat memiki berat sekitar 4,5gr. Kelengkapan yang diberikan cukup baik dan cukup lengkap untuk mendukung penggunaan mouse ini.

IMG_4718

Detail Produk

DeatTaker hadir dengan desain yang melebar. Mouse ini ditujukan untuk anda para pengguna yang menggunakan mouse dengan tangan kanan dikarenakan desainnya yang melebar pada bagian samping kiri. Lekukan yang terdapat pada DeathTaker boleh dikatakan cukup baik, sehingga akan sangat nyaman pada saat anda gunakan. Mouse ini menggunakan switch T-MEC yang di dalamnya telah tertanam on board memory yang dapat menyimpan hingga 55 macro setting. Desain pada bagian atas mouse terlihat sangat menarik dengan perpaduan warna hitam dan silver. Pada bagian depan juga terdapat sebuah logo Kalajengking milik GX Gaming, uniknya di balik logo Kalajengking dapat anda lepaskan untuk meletakkan pemberat, jika dirasa mouse ini terlalu ringan. Pada paket kelengkapannya telah disediakan sebanyak 6 buah pemberat dengan berat masing-masing 4,5gr. Mouse ini menggunakan 3 finishing yang berbeda. Yang pertama finishing glossy pada logo Kalajengking dan logo GX Gaming, kemudian finishing rubberized pada bagian palm rest yang berada pada bagian kiri mouse dan yang terakhir menggunakan finishing piano coating pada hampir seluruh bagian permukaan mouse. Pada logo GX gaming dan scroll wheel akan mengeluarkan backlight led pada saat anda menghubungkan mouse ini ke komputer. Pada bagian atas terdapat tombol klik kanan, kiri, scroll wheel, on the fly DPI switch, X dan Y DPI serta tidak ketinggalan sebuah tombol yang difungsikan untuk macro.

IMG_4737

IMG_4726

IMG_4734

Bagian samping kiri DeathTaker terdapat dua buah tombol, yang secara default berfungsi untuk tombol last/next page. Anda dapat mengkonfigurasikan tombol sesuai keinginan anda pada software yang disertakan. Bagian samping kiri dari mouse ini terlihat melebar, berfungsi sebagai thumb rest agar tangan anda tidak kelelahan pada saat menggunakan mouse ini dalam jangka waktu yang lama. Bagian thumb rest pada mouse ini menggunakan bahan rubberized untuk menghindari mouse ini agar tidak slip ketika anda gunakan.

IMG_4728

IMG_4725

Bagian bawah DeathTaker terlihat sangat simpel hanya terdiri dari 2 buah mouse feet berukuran besar yang berbahan teflon, sayangnya pada paket kelengkapan DeathTaker tidak disediakan mouse feet cadangan, tidak seperti pada Gila. Untuk bagian laser, mouse ini menggunakan Avago ADNS-9500 laser sensor dengan maksimum resolusi sebesar 5700DPI. DeathTaker menggunakan braided cable sepanjang 1,8m dengan konektor USB gold plated.

IMG_4736

Software

Tampilan software DeathTaker hampir serupa dengan Gila, terdiri dari menu yang simple dan mudah untuk dimengerti. Menu pertama dari software ini adalah Assign Button. Pada menu ini anda dapat mengkonfigurasikan 7 buah tombol yang ada pada mouse ini. Pada tab bagian bawah juga telah tersedia sebanyak 5 profile yang dapat anda gunakan untuk menyimpan settingan anda. Tombol yang dapat anda konfigurasikan terdiri dari :

  • Mouse Function: Left Button, Right Button, Middle Button, Windows Button4, Windows Button5
  • Office Function: Zoom In, Zoom Out, Tilt Left, Tilt Right
  • Windows Function: Copy, Paste, Cut, Undo, Redo, Save
  • Media Function: Play/Pause, Volume Up/Down, Next, Previous, Mute
  • Macro
  • DPI Function: DPI Switch, DPI X, DPI Y, Sniper
  • Fire Key: 3 Times, 5 Times, User Define
  • Launch Program
  • Profile: Profile 1, Profile 2, Profile 3, Profile 4, Profile 5

Deathtaker Software 1

Menu selanjutnya adalah Manage Macro. Pada menu ini anda dapat membuat macro yang akan gunakan pada saat anda bermain. Cara penyimpanan macro juga sangat mudah, anda hanya perlu menekan record kemudian macro anda akan direkam.

Deathtaker Software 2

Pada menu Advanced Setting, anda dapat mengatur banyak fungsi disini, diantaranya : kecepatan kursor mouse, sentifitas, double click speed, polling rate, scroll speed, DPI setting, DPI stage, dan sebagainya. Terlihat lengkap, mudah dimengerti dan diaplikasikan.

Deathtaker Software3

Menu terakhir dari software ini adalah Light Option, Pada menu ini anda dapat mengatur backlight LED pada DeathTaker. Telah tersedia pilihan warna yang sangat banyak yang dapat anda pilih, bila dirasa kurang anda juga dapat mengatur sendiri pilihan warna pada menu yang telah tersedia. Anda dapat mengatur tingkat intensitas dan pulsation pada menu ini.

Deathtaker Software4

Pengujian dan Kesimpulan

Bentuk dari mouse ini tidak terlalu panjang dan cenderung melebar. Anda yang memiliki telapak tangan yang besar dan panjang tampaknya akan kesulitan menggunakan mouse ini, perlu sedikit beradaptasi terlebih dahulu. Tombol klik kanan dan kiri DeathTaker cukup baik dan cukup responsif, namun tidak seresponsif dan seempuk Gila. Penggunaan DeathTaker dalam jangka waktu panjang cukup nyaman dirasakan, apabila terlebih dahulu anda telah beradaptasi dengan bentuk mouse ini. Mouse ini cukup responsif walaupun hanya menggunakan 2 buah mouse feet. Tampaknya mouse ini memang lebih diarahkan ke penggunaan game bergenre RTS dan MMORPG, karena pada saat kami gunakan mouse ini untuk game bergenre FPS, mouse ini sangat tidak nyaman dan kurang lincah. Namun saat kami gunakan untuk game bergenre MMORPG mouse ini cukup baik saat kami melakukan uji coba dengan memainkan game Starcraft, peletakan tombol-tombol pada mouse ini sangat baik. Fungsi macro yang terdapat pada mouse ini juga cukup membantu kami saat kami memainkan game Starcraft. Yang amat disayangkan adalah tombol on the fly yang disediakan hanya dapat meningkat DPI, namun anda bisa menyorbankan tombol lain untuk difungsikan sebagai tombol untuk menurunkan DPI. Secara keseluruhan mouse ini memiliki performa yang baik, memang untuk kenyamanan dan respon dari mouse, Gila lebih unggul dibandingkan dengan DeathTaker, namun hal itu dapat dimaklumi karena harga Gila yang jauh lebih “gila” dari DeathTaker.

Kesimpulan :

Genius GX DeathTaker merupakan sebuah mouse gaming yang ditujukan untuk game bergenre RTS/MMORPG. Built quality mouse ini cukup baik dengan menggunakan 3 finishing yang berbeda. Untuk kenyamanan anda perlu sedikit beradaptasi terlebih dahulu dikarenakan desain dan bentuk dari mouse ini yang tidak terlalu besar dan kecil, namun memiliki desain yang melebar. Untuk permasalahan harga mouse ini cukup  sebanding dengan performa, fitur serta kualitas bahan yang digunakan. Sayangnya pada paket kelengkapan tidak disertakan mouse feet cadangan seperti pada paket kelengkapan kakaknya GX Gaming Gila, akhir kata bagi anda para gamers yang memiliki dana terbatas, namun tetap ingin merasakan kualitas mouse kelas atas, GX Gaming DeathTaker dapat menjadi alternatif pilihan anda dalam memburu sebuah gaming mouse.

Kelebihan :

  • Perbandingan harga dan performa yang baik.
  • Built Quality yang cukup baik.
  • Respon cukup baik.

Kekurangan :

  • Tidak disertakan mouse feet pada paket kelengkapan.
  • Adanya thumb rest membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri bagi penggunanya.

Comments

comments


About the Author

Christian Akbar Mamesah
Christian Akbar Mamesah

Reviewer and Content Creator


Indo Review Recommended Articles


Hit Counter provided by technology news
Lazada Indonesia
Lazada Indonesia
Friend: ,